Tuesday 1 March 2011



Manfaat JAMBU MONYET (Annacardium occidentale)

Di Lirik, -(dulu)- banyak sekali pohon buah-buahan yang dapat langsung dipetik, diantaranya Jambu Mente, tapi yang dimakan daging buahnya, kalau sedang musimnya sampai jatuh berserakan di tanah pernah juga mencoba membuka isi bijinya yang putih tapi karena kulit luar bijinya sangat keras,seringkali mendapatkan isinya tidak utuh sehingga kurang menarik, padahal biji Jambu Monyet (kacang mete) dapat digoreng untuk makanan bergizi tinggi.

Tanaman jambu monyet banyak manfaatnya, mulai dari akar, batang, daun, dan buahnya.
Akar jambu monyet berkhasiat sebagai pencuci perut. Daun yang masih muda didaerah Jawa Barat dimakan sebagai lalapan,. Daun yang tua dapat digunakan untuk obat luka bakar.Kulit kayu jambu monyet mengandung cairan berwarna coklat. Jika terkena udara,cairan tersebut berubah menjadi hitam. Cairan ini dapat digunakan untuk bahan tinta, bahan pencelup, atau bahan pewarna. Selain itu, kulit batang pohon jambu monyet juga berkhasiat sebagai obat kumur atau obat sariawan.

Batang pohon jambu monyet menghasilkan gum atau blendok untuk bahan perekat buku. Selain daya rekatnya baik, gum juga berfungsi sebagai anti gengat yang sering menggerogoti buku.

...(dari berbagai sumber)