Friday 24 August 2012

BANDARA JAPURA dan PON XVIII RIAU



Kurang lebih seminggu cabang olahraga aeromodeling dan terjun payung dilaksanakan di Bandara Japura, Kecamatan Lirik. seperti di daerah lainnya  beberapa  cabang olahraga PON XVIII berlangsung di tiap kabupaten atau kecamatan  yang masuk kedalam wilayah Propinsi Riau. Cabang olahraga aeromodeling  berlangsung mulai tanggal 5 - 15 September 2012 dan dilanjutkan dengan cabang olahraga terjun payung tanggal 9 - 19  september 2012. Tentunya event tersebut dihadiri oleh beberapa peserta dari Propinsi lain di Indonesia. Inilah  saatnya bagi warga Japura dan juga Kecamatan Lirik  untuk memperkenalkan daerahnya ke dunia luar. Menikmati sate rusa di restoran Bang Afif, makan durian Lirik yang enak dan harganya murah . Mari kita jamu tamu kita, berikan pelayanan terbaik sehingga mereka mendapat kesan yang baik dari daerah kita. Majulah Lirik....


WISATA KULINER, SATE RUSA LIRIK

           Hanya ada beberapa orang saja yang menjual sate di Lirik, maklum saja di kota kecamatan Lirik yang jauh dari kota besar ini dimana pasarpun hanya ramai pada hari Sabtu, pangsa pasarnya tentu terbatas juga. Ada sate Mak Punder yang saat ini restorannya berada di Air Molek, sementara  zaman PTSI masih ada di ISDOLI dijual sate  kacang yang tentu saja berbeda dengan sate ayam Madura yang kita kenal. Sate kacang ISDOLI dagingnya daging sapi dan kuah kacangnya dimasak sehingga saat disajikan kuahnya terlihat sedikit berminyak menambah selera dan aromanya.

Sate Mak Punder adalah sate Padang, di pasar Air Molek juga terdapat pedagang sate Padang namun sate Mak Punder memang menjadi pilihan. Selain sate Padang yang terbuat dari daging sapi juga terdapat sate Rusa,  Ya daging rusa bagi sebagian orang memang nikmat, rasa manis daging rusa yang dibakar merupakan pengalaman lidah dalam berburu kuliner.

Daerah Riau, tepatnya Pekanbaru bagi sebagian orang Jakarta dikenal tempat berburu Sate Rusa atau masakan apa saja yang berbahan daging rusa. Sate rusa bang Afif menjadi menu pilihan bagi masyarakat Lirik. Karena letak warung sate ini  di Lintas Timur selain warga Lirik tentu saja,  ada saja orang yang mampir melepas lelah setelah melakukan perjalanan sambil menyantap sate rusa.