Monday 8 February 2010

DW ( dozer wheel )


Setelah geleder/grader, yang juga 'dulu' ada di Lirik adalah Dewe/DW singkatan dari kata Dozer Wheel. Kalau grader fungsinya untuk meratakan jalan kalau DW tugasnya mengambil atau memuat tanah untuk dibawa ke tempat lain. Cara kerja DW kira-kira seperti ketam. tempat memuat tanah berada ditengah/'perut' DW. dengan memaju mundurkan bagian belakang seraya berjalan pelan maka tanah dapat berpindah ke 'perut' DW.

Anak-anak pada waktu itu senang sekali bila mendengar DW datang untuk mengambil tanah,dengan suara menggelegar, ditambah roda-roda besar, membuat anak-anak berlarian untuk menyaksikan DW bekerja. Melihat DW bekerja adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi anak-anak kala itu. Namun satu hal tanpa menghiraukan bahaya, saat DW selesai mengambil tanah mereka dengan sigap meloncat dan naik di belakang DW dan ikut. Dengan muatan tanah yang sedemikian berat DW berjalan lambat, pada saat jalanan mendaki DW makin lambat dan itulah saat anak-anak meloncat turun dan kembali bermain di bekas tanah yang diambil DW.

Saat ini DW sudah tidak ada lagi. Salah satu bekas tempat dimana DW mengambil tanah sekarang sudah menjadi perumahan di Camp II, tidak jauh dari bioskop lama dekat kantor pemadam kebakaran sekarang.