Saturday 1 July 2017

Dimana Makan Sate "Punder" (baca "Padang") selain di Lirik...

Orang Lirik mana yang tidak kenal dengan sate Punder. Sate Punder adalah sate Padang yang sangat populer di Lirik. Bila hari Sabtu tiba maka sate Punder menjadi pilihan hampir semua pengunjung pasar Lirik. 
Nah bagi Anda yang kini berada di perantauan ( khususnya diluar Sumatera Barat dan Riau ) tentu ingat masa-masa makan sate Punder di Lirik dahulu, nikmat sate Punder ini seakan menjadi acuan rasa untuk memilih tempat makan sate Padang di kota Anda. Bahkan ada alumni Lirik yang sengaja menyebut tempat makan sate pilihannya dengan Sate Punder Filial, karena rasanya hampir sama dengan sate Punder Lirik.

Dimana tempat sate Punder Filial tersebut? berikut liputannya..;

Dikawasan Kampung Kandang Jakarta Selatan sekitaran Bumi Marinir Cilandak, ujung jalan Cilandak KKO arah ke Ciganjur, ada sate Padang Takana Juo yang mulai buka jam 17:00 WIB sore sampai kira-kira tengah malam. Disini nikmatnya makan sate Punder Lirik memang terobati, bumbu dan daging satenya mirip dengan sate Punder. ditambah dengan taburan kerupuk pedas maka lengkaplah tempat ini disebut dengan sate Punder Filial.... 


Tentu saja sate Padang Takana Juo Kampung Kandang ini bukan satu-satunya sate Padang di Jakarta. Ada juga sate Padang Takana Juo Bendungan Hilir, Sate Padang yang lokasinya berada di Bopet Mini di Pasar Benhil Jalan Bendungan Hilir Raya, Jakarta Pusat. Dikawasan Rawamangun jalan Balai Pustaka Jakarta Timur ada sate Padang Ajo Manih, disini tidak saja orang Minang pelanggannya, saudara kita dari daerah lain pun menjadi pelanggan setia sate Padang Ajo Manih ini. Dikawasan Cikajang Pasar Santa Jakarta Selatan, sate Padang  Ajo Ramon menjadi primadona, potongan daging padatnya menjadi ciri khas satenya. Sementara sate Padang Goyang Lidah di pasar Senen Jakarta Pusat juga menjadi idola pelanggan setianya. Sate Padang Mak Adjat, kawasan Gunung Sahari Kemayoran. Dan di kawasan Kelapa Gading ada Sate Padang Pusako Piaman yang buka setelah jam 5 sore sampai kira-kira tengah malam. Masih banyak sate Padang lainnya di Jakarta, seperti sate Mak Syukur yang hadir di beberapa tempat di lima wilayah DKI Jakarta.

Dekat dengan Jakarta yakni di Kota Tangerang Selatan, ada sate Padang Ar-Ridho yang berada di parkiran Pasar Modern BSD. Mjulai buka Jam 17:30 WIB sampai tengah malam...Sate Padang Ajo Milih di akwasan Cirendeu Raya pilihan Anda untuk jenis daging yang besar dan gurih. Seperti juga Jakarta, di daerah lainnya yang masuk Tangerang Selatan masih banyak sate Padang.

Di Bandung, Sate Padang Bu Mus yang terletak di RM Bu  Mus jalan Buah Batu merupakan pilihan Rireis Djoened jika kangen dengan sate Punder.  Sementara  bagi Ujang Syamsul Bahar dari Kota Gudeg Yogyakarta sate Padang yang boleh dikatakan Filial Sate Punder adalah sate Padang yang berada di jalan  Kaliurang Km 5,3 sebelah Restoran cepat saji Hoka-Hoka Bento.

Sate Padang "Afrizal Amir" jalan Brigjen Katamso Medan, juga menjadi pilihan Alumni Lirik demi mengingat nikmatnya makan sate Punder Lirik.

Selanjutnya nantikan liputan pilihan sate Padang lainnya di kota Bogor, Palembang, Surabaya, dll.